Senin, 25 Juni 2012

Padi varietas HMS Inovasi Golkar untuk Petani

foto: dok

KEBIJAKAN  impor beras yang masih dilakukan oleh pemerintah membuat DPP Partai Golkar membuat satu terobosan, yakni melakukan penelitian padi varietas unggul dengan hasil panen dua kali lipat dari padi biasa.

Setelah melakukan penelitian dengan sejumlah pakar pertanian selama hampir tujuh tahun, ditemukan varietas unggul yang mampu menghasilkan antar 20 sampai 25 ton per hektarnya. Jenis bibit padi baru tersebut diberi nama bibit padi HMS, singkatan dari Haji Muhammad Suharto atau bisa juga Hidup Makmur sejahtera. Benih padi varetas unggul HMS tersebut telah diujicba ditanam di lahan pertanian di kawasan murtigading sanden bantul, Yogyakarta dan hasilnya sangat luar biasa. Meskipun pola tanamnya masih dengan pola lama dan belum mengacu pada cara tanam Varietas unggul HMS tersebut hasilnya luar biasa, hampir dua kali lipat dari padi biasa.



Senin sore, dilakukan Panen raya perdana Padi varietas unggul HMS bantuan dari Partai Golkar. Hadir dalam acara panen raya perdana tersebut, ketua Departemen Bidang Tani dan  Nelayan DPP Golkar sebagai salah satu sponsor pengembangan padi HMS, Titi Soeharto.

Dalam sambutannya, putri mantan presiden suharto tersebut mengatakan, pihaknya memiiki komitmen untuk memiliki kedaulatan di bidang pangan seperti pada masa Ayahnya berkuasa.

"Tanah kita subur, tapi masa tahun 2011 kita impor 2,1 juta ton beras," kata Titi Soeharto.

Masyarakat yang tiap hari menyantap tahu tempe, tahun 2011Indonesia masih impor kedelai 1,78 ton per hektar. "Ikan, garam yang tinggal mengeringkan juga masih impor," katanya.

"Padahal pertanian merupakan soko guru ekonomi nasional," tegasnya.

Titi menambahkan, dengan pengembanghan padi yang mampu menghasilkan 14 ton gabah kering panen per hektar diharapkan bisa membawa kesejahteraan petani.

"Ini juga sebagai langkah awal menuju kedaulatan pangan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman menyatakan gembira dengan hasil ujicoba PAdi variets unggul baru hasil binaan partai Golkar. Hal ini menunjukkan bahwa partai Golkar berkarya nyata untuk kesejahteraan rakyat. Oadi varietas baru ini dikenalkan setelah melalui penelitian yang panjang dan tidak sembarangan.

11 komentar:

  1. Nama saya Suprapto dari Babadan, Ponorogo, Sya tertarik dengan berita padi hms, kalau mau beli benih padi hms dimana? mohon infonya (mungkin ada nmr telp. nya) terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  2. sayapunya tapi mw di tanam sedri dlu,.,. kalo brnminat tunggu 3bulanlgi 085813111516

    BalasHapus
  3. Mas,,saya dimedan,kalau mas punya saya mau beli,berapa harga per kg nya...
    Mohon infonya di 085271177369

    BalasHapus
  4. Saya ada Bibit Padi Sertani 8 , sebulan lagi sudah panen, di jamin tidak kecewa berminat sms ke 085648645621 (hendro)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dpt brp perhektarnya dan itu MT1 y..? Harga brp per kilonya

      Hapus
  5. Lebih banyak mana benih padi HMS dengan benih padi Ciherang 600 (C600)?

    BalasHapus
  6. Saya di medan. Dimasa bisa beli bibit hms. 081317113905

    BalasHapus
  7. Saya di medan. Dimasa bisa beli bibit hms. 081317113905

    BalasHapus
  8. 2013 diperkenalkan sampai april 2019 kog ndak di perjual belikan on line ada apa yach.. .

    BalasHapus

Silakan Tulis Komentar Anda dengan menyebutkan Nama dan Alamat Anda